Tutorial Menerjemahkan Game Silent Hill Origins



     Pada dasarnya, yang paling membedakan cara menerjemahkan game SHO dengan SH2 tempo hari adalah bahwa untuk SHO, scriptnya dikompresi bersama file-file lain. Tapi karena banyak langkah menerjemahkan gamenya sama, aku tak akan mengulanginya, dan kalian bisa mencek tutorial sebelumnya.

     Untuk menerjemahkan game ini, kita perlu beberapa aplikasi, diantaranya:
-UMDGen (untuk mengekstrak dan import balik file dari ISO PSP)
-Apache2 (untuk mengekstrak dan import balik file dari ISO PS2)
-QuickBMS (untuk mengekstrak dan import balik file)
-Script QuickBMS untuk game Silent Hill Origins (sama dengan link QuickBMS, atau ambil QuickBMS + Script Silent Hill Origins di sini)
-UMD-replace (opsional, untuk mengganti file di dalam ISO PSP)
-WindHex32 (hex editor yang mendukung tabel karakter)
-Kruptar7 (opsional, untuk mempermudah penerjemahkan game ketimbang sekedar memakai hex editor)

     Untuk versi PSP, buka ISO game Silent Hill Origins dengan aplikasi UMDGen. Klik folder USRDIR dan sorot file SH.ARC. Ini adalah file di mana semua script teks game Silent Hill Origins berada. Klik kanan, lalu pilih extract untuk mengambil file dari ISO.


     Untuk versi PS2, buka ISO dengan Apache2, klik kanan pada SH.ARC, lalu pilih extract. 

     File ini dikompresi, jadi kita tak bisa langsung mengeditnya. Untuk itu, kita memerlukan aplikasi lain bernama QuickBMS dan script QuickBMS untuk Silent Hill Origins. Jalankan aplikasi QuickBMS, lalu masukkan lokasi file script QuickBMS untuk game Silent Hill (silent_hill_origins.bms), lokasi file SH.ARC, dan terakhir lokasi di mana kita akan menyimpan hasil ekstraksi. Pastikan menyimpannya di folder tersendiri, misal folder SHO.

     Setelah ekstraksi selesai, kita bisa menghapus semua file selain file Strings.Eng. Dengan demikian, tak akan makan waktu lama untuk memasukkan kembali filenya nantinya.

     Setelah mendapatkan file Strings.Eng, yang harus kita lakukan adalah membuat tabel karakter  agar bisa memunculkan teks dalam game. Kalian bisa melihat tutorial lama tentang cara membuat tabel karakter di tutorial menerjemahkan game Silent Hill 2, agar aku tak perlu mengulang penjelasan. 

     Tapi garis besarnya, nilai hex untuk tabel karakter SHO mirip nilai untuk karakter ASCII, hanya ditambah nilai 00. Misal nilai ASCII huruf a adalah 61, dan untuk tabel karakter SHO nilainya adalah 6100. Jadi buat tabel karakter dengan 4100=A, 4200=B, 4300=C, 6100=a, 6200=b, dst.  Nilai hex untuk kode ganti baris adalah 0A00, dan kode akhir teks adalah 000001000100. Atau jika tak mau repot, kalian bisa pakai tabel ini. Meski tidak lengkap, tabel ini sudah mencakup sebagian besar nilai yang diperlukan untuk menerjemahkan game ini.

     Berikutnya, kalian bisa menjalankan aplikasi WindHex32. Buka file Strings.Eng, jangan lupa buka tabel karakter juga (klik File, pilih Open Table File, dan pilih tabel karakter Silent Hill Origin yang kau buat, atau SHO.tbl jika kalian memilih mengunduh tabel di atas).

     Untuk versi PSP, teks diawali di alamat 0x4020. Kalian bisa langsung mengedit dengan WindHex, atau jika menggunakan Kruptar7, saat memasukkan nilai pointer, masukkan nilai awal h4020 dan nilai akhir 2BE0C. Itu mencakup teks yang ada di game, dari menu hingga kredit. 

     Sedang untuk versi PS2, teks diawali di alamat 0x423E. Untuk Kruptar, saat memasukkan nilai pointer, masukkan nilai awal h423E dan nilai akhir 0x2DC2C. Pada dasarnya kedua script hampir sama, hanya sedikit perbedaan di script penyimpanan data ke Memory Card PS2.

*Aku sengaja tidak memasukkan nilai untuk angka (0-9) dalam tabel karakter, karena akan membuat teks di bagian tertentu game jadi kacau saat mengeditnya dengan Kruptar7.

     Untuk yang belum paham cara menggunakan Kruptar7, bisa periksa artikel tutorial menerjemahkan game Silent Hill 2 tempo hari. 

     Anggap kalian sudah selesai menerjemahkan, atau baru menerjemahkan sebagian dan ingin menguji hasilnya. Waktunya kalian memasukkan kembali file Strings.Eng tadi ke file SH.ARC. Pastikan di folder (misal folder SHO) cuma ada file Strings.Eng. Kita akan kembali memakai QuickBMS, hanya saja kali ini kita mengeksekusi file reimport.bat. Selanjutnya sama dengan sebelumnya, kita memilih script Silent Hill Origins, lalu file SH.ARC, dan terakhir lokasi file String.Eng. Maka alih-alih mengekstrak, QuickBMS akan memasukkan file Strings.Eng ke file SH.ARC.

*Catatan:
Jangan salah saat berniat mengimport balik file Strings.Eng ke file SH.ARC. Jika ingin mengimport, pastikan mengeksekusi file reimport.bat, bukan QuickBMS.exe. Jika tidak, aplikasi akan mengekstrak file dari SH.ARC lagi dan mungkin menimpa file Strings.Eng yang sudah kita edit.

     Setelah proses selesai, giliran memasukkan file SH.ARC. ke ISO Silent Hill Origins. Untuk versi PSP, kalian bisa saja menggunakan UMDGen lagi. Namun jika ingin lebih praktis, taruh ISO Silent Hill Origins, file SH.ARC, juga UMD-replace di lokasi yang sama. Lalu buat file batch dengan isi: 
"UMD-REPLACE SHO_Ind.iso psp_game/usrdir/SH.ARC SH.ARC"
dan simpan di lokasi yang sama. Atau download file batch ini dan taruh di folder yang ama dengan ISO Silent Hill Origins, SH.ARC dan UMD-replace. Lalu klik untuk menjalankannya.

     Untuk versi PS2, buka ISO Silent Hill Origins dengan Apache2. Klik kanan pada SH.ARC, dan kali ini pilih Update Selected File. Tunggu proses selesai, dan kalian bisa mencoba hasilnya.

Tutorial Menerjemahkan Game Silent Hill Origins Tutorial Menerjemahkan Game Silent Hill Origins Reviewed by Pi-Man on 28.1.24 Rating: 5

Tidak ada komentar

Post AD