Patch Translasi Tomba! 2 (PS1)


     Tomba! 2: The Evil Swine Return, atau singkatnya Tomba! 2 adalah game petualangan platform yang merupakan sekuel dari Tomba! pertama. Masih bertokoh utama Tomba, si bocah liar yang pergi menyelamatkan teman (pacar?)nya Tabby dari para Babi Jahat.

     Patch translasi ini menerjemahkan mayoritas teks yang ada di game. Namun ada keterbatasan, entah karena keterbatasan ruang untuk memasukkan teks, ataupun karena sistem dari game ini sendiri. Jadi ada beberapa bagian yang tak diterjemahkan, atau menghasilkan celah yang cukup lebar.

     Hasil translasi sudah diuji hingga tamat, termasuk dengan menjalankan 4 misi ekstra (dengan memuat data dari game Tomba! pertama). Namun mungkin saja ada beberapa kesalahan yang terlewat, kalian bisa memberitahu jika itu terjadi.

     Seperti biasa, gunakan aplikasi seperti Delta Patcher (PC) atau UniPatcher (Android) untuk menerapkan patch ke ISO versi USA. Patch cukup diterapkan ke file bin yang pertama (file bin kedua adalah track musik).

Download
Patch Translasi (MediaFire, RomHacking)

Patch Translasi Tomba! 2 (PS1) Patch Translasi Tomba! 2 (PS1) Reviewed by Pi-Man on 27.3.24 Rating: 5

8 komentar

  1. Terimakasih min, residen evil 2 dan 3 ada gak patch indo nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Belum.
      RE3 sudah ada yang dibuat orang.
      Jadi ngerjainnya mungkin kalau bisa utak-atik bagian yang belum diterjemahkan.

      Hapus
    2. Min gw download patch fatal frame 3 undub dan mau patch ke iso versi undub nya error ngak bisa, coba di periksa lagi🙏

      Hapus
    3. Mungkin versi ISOnya gak cocok.
      Dulu teman bisa, malah dia pakai streaming.

      Hapus
  2. Bang, bisa buatin tutorial translate Tomba 2 ini ngga? Saya pernah terjemahin ini dan bahasanya bisa ditambah dengan mengambil kelebihan dari teks sebelumnya, tapi masalahnya, saya langsung edit dari ISO nya dan di WinHex ngga fitur undo, jadi repot mesti bolak-balik buka ISO nya yang ukurannya besar kalo ada kesalahan. Barangkali berkenan, tolong buatin step by stepnya bang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jika mengedit pakai PC/Laptop, bisa pakai aplikasi yang namanya CDmage. Ini untuk ekstrak file dari ISO, dan juga untuk import balik ke ISO.

      Adapun mayoritas teks di Tomba (tidak termasuk teks prolog, yang ada di file SOP.BIN) ada di file yang namanya Tomba2.dat. Ukurannya kurang dari 10 MB, jadi lebih ringan ketimbang mesti edit ISO langsung.

      Dan jika mengedit dengan WindHex32 dianggap merepotkan, bisa coba pakai Kruptar7. Tutorial seadanya tentang cara pakai Kruptar7 ada di artikel cara menerjemahkan Silent Hill 2 bagian 2.

      Hapus
  3. Bang translate tomba 1 dong

    BalasHapus

Post AD