Tutorial Menerjemahkan Game Silent Hill 2 (Bagian 1)



      Banyak yang menanyakan cara untuk menerjemahkan game. Bukannya tak mau memberi tahu, tapi pada dasarnya pengetahuan sendiri masih dangkal. Tapi akan aku usahakan untuk menjelaskannya. Translator handal mungkin punya cara yang lebih baik.

     Dalam hal ini, cara yang kutunjukkan adalah cara yang aku pakai untuk menerjemahkan game Silent Hill2 tempo hari. Ini juga bisa dipakai untuk menerjemahkan game-game lain di konsol lain, meski akan ada perbedaan di beberapa bagian (termasuk tool untuk kestrak file dari ISO).

     Adapun tool-tool yang digunakan dalam pengerjaan penerjemahan ini adalah:
-Monkey-Moore -> Untuk pencarian relatif.
-Apache2 -> Untuk ekstrak file dari ISO dan memasukkan kembali file ke ISO.
-WindHex -> Hex Editor
-Kruptar 7 -> Untuk mengedit teks game.

     Langkah pertama seperti biasa, adalah melakukan pencarian relatif. Kalian bisa memainkan game lebih dulu, atau langsung mencari situs yang menyediakan script gamenya. Dalam hal ini, kata kunci yang digunakan dalam pencarian adalah "restless".


     Hasil pencarian menunjukkan nilai a=41, artinya nilai hex 41=a, 42=b, 43=c dan seterusnya hingga . Dari sini, kita bisa membuat tabel karakter awal. Kalian bisa menggunakan tabular, atau dengan fitur dari Windhex (Tools->Table Maker). Simpan tabel ini, misal dengan nama sh2.tbl.

     ISO Silent Hill 2 berukuran lebih dari 3,6 GB, dan mustahil memakai hex editor untuk mengedit file sebesar ini. Kita punya pilihan, apakah memotong-motong ISO jadi file-file yang lebih kecil, atau mengekstrak file dari ISO. Di sini kita ambil pilihan kedua.

     Buka ISO Silent Hill 2 dengan Apache2, kita akan mendapati file-file seperti ini.

     Ada banyak file di dalam ISO, dan kita harus menguji file mana yang menyimpan script dialog dan teks dalam game. Di sini, kita ekstrak folder yang kita duga berisi teks, yakni folder DATA, dengan mengklik klanan folder itu dan pilih "Extract". Lalu kita buka file itu dengan Monkey-Moore dan kembali mengulang pencarian dengan kata kunci yang sama dengan sebelumnya (restless). 

     Hasilnya menunjukkan jika file ETC.MGF yang berisi teks dalam game. Maka file inilah yang kita edit. File ini cuma berukuran 2,41MB, jadi amat mempermudah kita mengeditnya. Buka file ETC.MGF ini dengan WindHex, dan jangan lupa buka juga tabel karakter yang kita buat sebelumnya. Kita akan melengkapi tabel karakter kita.
     Klik Search->Text Search (atau tekan CTRL+F), dan di kolom pencarian masukkan kata "restless" (tanpa tanda kutip). 

     Kita dapati antar kata dipisahkan oleh nilai 00, ini adalah nilai untuk spasi. Klik Tools->Table Editor, dan masukkan '00= ' untuk memberi nilai hex 00 untuk spasi. Dan jika kita menyimak dialog dalam game atau membaca script gamenya, kita akan temukan kalimat "In my restless dreams, I see that town. dst). Artinya nilai hex 29 di alamat CF292 adalah untuk huruf I. 29=I, berarti 21=A, 22=B, 23=C dst. Edit lagi tabel karakter dan masukkan nilai-nilai tadi.

     Ulangi langkah tadi, bandingkan antara script game dengan tampilan di hex editor untuk melengkapi tabel karakter kita. Maka kita akan mendapati jika nilai 0C adalah untuk tanda koma (,), 0E untuk tanda titik, 07 untuk tanda petik ('). Teruslah melengkapi tabel dengan menambahkan nilai yang kita ketahui.

*Pada dasarnya, nilai hex untuk tabel karakter Silent Hill 2 adalah nilai kode ASCI dikurang 20. Misal kode ASCII untuk A adalah 41, di sini jadi 21. Kode ASCII untuk a adalah 61, di sini jadi 41. Kode ASCII untuk tanda seru (!) adalah 21, di sini jadi 01. Tapi ini unik untuk Silent Hill 2, dan akan berbeda untuk game-game lain.

     Kita juga menemukan bahwa nilai hex FFFD adalah nilai kode ganti baris, dan FFFF adalah kode untuk akhir teks. Ingat nilai ini, karena kita akan banyak memakainya nanti. kalian juga bisa memasukkan nilai ini dalam tabel karakter. Aku biasa memakai tanda \ untuk ganti baris, dan || untuk akhir teks. Kita bisa menggeser posisi kode ganti baris, tapi jangan menggeser posisi kode akhir teks, karena seringkali akan membuat game hang.

     Sebenarnya di sini pun kita sudah bisa mengedit teks dalam game ini. Tapi untuk lanjutannya, aku akan berusaha menjelaskan cara memakai tool Kruptar 7 untuk mengedit teksnya, dengan segala keterbatasan kemampuanku.

Tutorial Menerjemahkan Game Silent Hill 2 (Bagian 1) Tutorial Menerjemahkan Game Silent Hill 2 (Bagian 1) Reviewed by Pi-Man on 6.12.23 Rating: 5

Tidak ada komentar

Post AD