Tutorial Menerjemahkan Game Silent Hill (Bagian 2)



     Ini adalah lanjutan dari tutorial bagian pertama tempo hari.

     Sebelumnya kita sudah membuat tabel karakter untuk game Silent Hill 2, dan jika mau, kita bisa langsung mengeditnya dengan WindHex. Tapi jika ingin mengedit dengan lebih mudah, kita bisa memakai aplikasi bernama Kruptar 7. Tutorial ini mungkin kurang bagus, karena aku sendiri kurang menguasainya.

     Pertama, kopi file ETC.MGF tempo hari, paste di lokasi lain dan ganti namanya, misal ETC.MGF.OLD. Lalu pindahkan kembali file itu ke lokasi semula. 

     Buka aplikasi Kruptar 7, dan klik icon New Project di kiri atas (bisa juga klik File->New Project, atau tekan CTRL+N). Klik kpSourceROM dan masukkan lokasi ETC.MGF.OLD. Klik kpDestinationROM dan masukkan lokasi ETC.MGF. Klik kanan pada folder Tables lalu pilih Add From File... dan masukkan lokasi tabel karakter (sh2.tbl) yang kita buat tempo hari.

     Klik kanan pada String Terminators, dan masukkan nilai kode akhir teks yang kita temukan tempo hari (FFFF). Kalian bisa mengganti nilai ini dengan mengklik nilai yang ada (misal 00) dua kali dan ganti nilainya menjadi FFFF. Lakukan hal yang sama untuk CLRF Codes (ini adalah kode untuk ganti baris) dan masukkan nilai FFFD.

     Sekarang, klik kanan pada Groups dan pilih Add Group. Lalu klik kanan pada Lists of Pointers dan pilih Add Item. Klik pada List1 (kalian bisa mengganti namanya dengan mengklik dua kali), klik ptSrcTable dan pilih tabel karakter yang digunakan (misal sh.tbl). Lakukan hal yang sama pada ptDestTable.

     Kembali ke WindHex, kita akan mencari lokasi teks/dialog dalam game. Ucapan pertama James di game ini adalah "Mary... Could you really be in this town?" Di WindHex, klik Search->Text Search dan masukkan kata kunci "Could you really". 


     Di sini kita temukan teks paling awal di bagian atas adalah "This is the road I came in on" yang ada di alamat 0x21C040. Sedang teks terakhir adalah "You'd better do something about that cough." yang ada di alamat 0x21C562.

     Kembali lagi ke Kruptar 7. Klik kanan pada List1, pilih Add Pointers... dan masukkan nilai Start offset: h21C040. Sedang untuk Finish offset: masukkan h21C562.
Di sini kalian bisa mulai mengedit teks kalau mau.

     Merasa tak puas karena tampilan teks masih belum rapi? Klik kanan pada List1 dan pilih Clear untuk menghapusnya. Kembali ke WindHex, kita lihat tiap teks selalu diawali oleh nilai hex 0080. Beralih ke Kruptar, klik kanan pada String Terminators, pilih Add Item dan tambahkan nilai 0080.

     Kembali ke langkah sebelumnya, klik kanan pada List1, pilih Add Pointers... dan masukkan nilai offset yang sama (h21C040 dan h21C562). Kali ini tampilannya akan seperti ini:
Kita bisa menghapus alamat-alamat yang tak berisi teks. Klik kanan pada alamat offset 021C081 dan pilih Remove Item, atau sorot alamat itu dengan mengkliknya dan tekan CTRL+D. Lakukan pada alamat-alamat offset lain yang tak berguna (21C0C2, 21C105, 21C12E, dll). Maka kalian akan mendapatkan 31 baris dialog seperti sebelumnya.

     Sekarang kalian bisa mengedit teks yang ada. Teks yang bisa diedit ada di sisi kanan, sisi kiri adalah teks asli. Pastikan hasil editan sama panjang dengan aslinya, tidak lebih panjang atau lebih pendek, isi dengan spasi kalau perlu. 

     Jika sudah selesai mengedit, pastikan dulu tiap baris sama panjang dengan aslinya. Lalu klik icon hijau Recalculate and Insert di kanan (atau tekan F9). Kalian juga bisa menyimpannya dengan mengklik icon Save, beri nama (misal SH2.kpx). 

     Ulangi langkah yang sama, cari alamat teks yang kalian temukan di Windhex, lihat alamatnya, dan masukkan di Kruptar. Jika kalian memahami pointer, mungkin akan lebih mudah. Jika tidak, ikuti saja cara ini. 

     Jika kalian sudah selesai menerjemahkan, atau sekedar ingin menguji hasilnya, kalian harus memasukkan kembali file ETC.MGF ke ISO Silent Hill 2. Buka Apache2 dan buka ISO Silent Hill 2, Klik kanan ETC.MGF di folder DATA dan pilih Update Selected File. Tunggu hingga selesai. Dan kalian bisa mencoba hasilnya.

     Cara ini bisa digunakan untuk menerjemahkan game-game lain, untuk konsol lain. Meski mungkin akan ada perbedaan, misal tool untuk mengekstrak atau memasukkan kembali file, tabel karakter, dan sebagainya.
Tutorial Menerjemahkan Game Silent Hill (Bagian 2) Tutorial Menerjemahkan Game Silent Hill (Bagian 2) Reviewed by Pi-Man on 9.12.23 Rating: 5

2 komentar

  1. akhirnya ada tutorial ngedit pake kruptar, makasih byk bang. gw dari 6 bulan lalu bingung cari tutorialnya. di youtube ada cuman di skip" ga bertahap gitu kyk disini. walaupun ada guide booknya tapi gw ga bisa cerna dengan baik karena emg guide nya bahasa inggris yg bukan baku & panjang pula hampir 40 page (kebanyakan cuman bahas plugin & kegunaan toolsnya bukan cara nerjemahin pake kruptarnya)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebenarnya bisa lebih baik lagi, tapi juga kurang paham. Jadi cuma berbagi cara memakainya. Soal utak-atik pointer masih belum paham, jadi gak bisa menjelaskan.

      Semoga yang ada bisa membantu.

      Hapus

Post AD