Patch Translasi Trapt v0.5


 

TЯAPT

     Trapt atau TЯAPT, atau disebut Kagero II: Dark Illusion di Jepang, adalah salah satu game dari seri Tecmo Deception, game dimana pemain menggunakan jebakan-jebakan (diwakili tombol tertentu) untuk mengalahkan lawan. Game ini dirilis untuk konsol PS2 di tahun 2005.

     Game ini berkisah tentang Puteri Alicia (disebut Allura di luar Jepang), yang difitnah telah membunuh ayahnya sendiri, Raja Olaf. Dengan bantuan pelayannya Rachel, ia berhasil kabur ke sebuah mansion tua,  dimana sosok iblis disegel. 

     Patch berikut menerjemahkan dialog dalam game ke bahasa Indonesia. Versi 0.5 ini hanya menerjemahkan dialog skenario utama, dan belum menerjemahkan kisah sampingan. Untuk patch ini, nama Allura diganti kembali jadi Alicia (toh dalam dialog pun namanya disuarakan sebagai Alicia). 

     Narasi juga tak diterjemahkan. Meski masih dugaan, tapi sepertinya file narasi berupa gambar, jadi teks tak bisa ditemukan. 

     Ini adalah eksperimen untuk menerjemahkan game dengan file berukuran besar (di atas 1 GB) yang memerlukan tabel karakter. Normalnya file ini (GAME.DAT) tak bisa dibuka dengan WindHex, tapi masalah diatasi dengan membagi (split) file jadi beberapa bagian, diedit, sebelum disatukan lagi dan dimasukkan kembali ke ISO. 

     Patch ini mungkin akan diupdate nanti. Tapi sebagai proyek sampingan, pengerjaannya tak menjadi prioritas.

Patch Translasi
Patch v0.5 (Mediafire, sfile)

Patch Translasi Trapt v0.5 Patch Translasi Trapt v0.5 Reviewed by Pi-Man on 29.1.21 Rating: 5

2 komentar

  1. Min, Mau nanya kalo game bahasa Jepang menerrjemahkan di notepad++ bagaimana ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba Windows pakai regional Jepang sebelum buka Notepad++.
      Atau pakai hex editor lain macam wxmedit yang bisa memunculkan huruf Jepang.

      Walo ada kendala lain, misal banyak game Jepang yang menolak font ASCII, atau otomatis dikonversi jadi ASCII Jepang (yang membuat teks keluar kotak dialog). Jika sudah begitu, perlu kemampuan programming untuk mengubahnya.

      Hapus

Post AD