Tool : CDmage



      CDMage adalah salah satu utility untuk image CD/ISO. Program ini memiliki beberapa fungsi, termasuk melakukan scan dan memperbaiki korup pada ISO, dan juga untuk mengekstrak file dari ISO maupun memasukkannya kembali ke ISO. Ini sangat berguna, khususnya dalam menerjemahkan game, karena kita tak perlu mengedit ISO, cukup mengedit file berisi teks atau dialog.

     Untuk mengekstrak file dari ISO, pertama klik ico 'Open', atau klik menu File->Open, lalu pilih file berekstensi .CUE dari ISO yang ingin diekstrak. Atau jika file CUE tidak ada, kalian bisa membuka file bin dan membiarkan CDmage membuat file CUEnya.

     Untuk mengekstrak file atau folder, klik kanan pada file atau folder dan pilih 'Extract Files...'. Di contoh ini, yang diekstrak adalah file FF9.IMG dari ISO game Final Fantasy IX.

Pilih lokasi untuk menyimpan file atau folder yang diekstrak.

     Untuk memasukkan kembali file atau folder, klik file atau folder yang sama di ISO, dan kali ini pilih 'Import File...' Tergantung ukuran file, akan makan beberapa waktu sebelum impor selesai. Setelah proses selesai, maka ISO sudah terupdate.

     Fungsi lain dari CDmage, misalnya untuk mengconvert ISO dengan lebih dari 1 file BIN menjadi hanya 1 BIN. Ini berguna misalnya saat ingin mengconvert ISO untuk POPStarter. Di contoh ini, ISo yang digunakan adalah game Tekken 3 (Jepang). ISO terdiri dari 3 file BIN.

     Pertama, buka file CUE, lalu kalian akan diminta membuka file BIN. Pilih file BIN satu demi satu.

Setelah semua file BIN terpilih, biarkan kursor menyorot 'Image', lalu klik icon "Save as' atau klik menu File->Save As... Pilih folder baru untuk menyimpan hasilnya, dan tunggu hingga proses selesai. Setelahnya kalian akan mendapatkan file BIN dan ISO baru di folder tersebut.

Download
Tool : CDmage Tool : CDmage Reviewed by Pi-Man on 4.2.21 Rating: 5

4 komentar

  1. bro jadi klo mau nerjemahin make hp? ini aplikasi android?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu aplikasi untuk PC.
      Belum nemu padanannya untuk HP.

      Hapus
  2. bro buka kursus gak. dari dulu pengen sekali translate game. tapi masih belum paham tool apa aja yang bener.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini juga masih amatiran.
      Yang jago bisa ekstrak script dari game dan impor balik. Gue cuma bisa makai cara kasar, edit langsung dengan hex editor.

      Hapus

Post AD