Tutorial Menerjemahkan Disgaea Versi Steam


     Saat ini, aku sedang mengerjakan translasi untuk Disgaea versi PS2, satu dari beberapa game PS2 yang masih bisa berjalan lumayan lancar di PC kentang. Untuk Disgaea sendiri, aku sudah mencoba beberapa versi Disgaea, termasuk versi PS2, NDS, PSP dan PC/Steam. Selain versi PSP, ketiga versi lain relatif mudah untuk ditranslasi.

     Versi PC dari Disgaea pada dasarnya menggunakan tabel karakter yang sama dengan versi PS2, namun script dialog ini terkompresi. Sehingga kita harus lebih dulu mengekstrak script tersebut, mengeditnya, sebelum memasukkan (import) kembali scriptnya.

     Untuk menerjemahkan game Disgaea versi PC, kita perlu tool yang disebut Disgaea Tools. Ini adalah kumpulan tool untuk mengutak-atik game Disgaea versi PC. Salah satunya adalah Disa PC File Manager.

     Dengan tool ini, pertama buka file SUBDATA.DAT. Sejumlah file akan muncul. Yang kita cari adalah file bernama START.DAT.


Sorot file ini, klik kanan dan pilih "Decompress" lalu pilih lokasi untuk menyimpan hasilnya. Tunggu hingga hasilnya selesai. 

     Berikutnya buka file START.DATA tadi dan cari file bernama TALK.DAT. Sorot file ini, lalu klik menu "Extract selected" dan pilih lokasi dimana filenya disimpan.

     File TALK.DAT inilah yang akan kita edit dengan hex editor seperti WindHex dan tabel karakter.


     Setelah kita selesai menerjemahkan teks di TALK.DAT, kita harus memasukkan kembali file ini. Caranya buka file START.DAT dengan Disa PC File Manager, lalu sorot file TALK.DAT, klik kanan dan pilih "Replace", masukkan file TALK.DAT yang sudah kita edit tadi. Simpan hasilnya dengan mengklik menu Save. Berikutnya kita buka file SUBDATA.DAT dan sorot file START.DAT, klik kanan dan pilih "Replace", pilih SAVE.DAT yang sudah kita simpan tadi dan simpan hasilnya.

     Sekarang kita tinggal mengganti file SUBDATA.DAT tadi ke folder dimana game Disgaea berada. File SUBDATA.DAT kita akan lebih besar dari aslinya, karena file START.DAT tadi tak dikompresi. Tapi sejauh yang aku coba, tak ada masalah saat mengujinya.

     Untuk informasi, file SUBDATA.DAT umumnya berada di folder \Steam\steamapps\common\Disgaea PC, kecuali kalian mengubah lokasi dimana game diinstal. 

     Untuk tabel karakter, aku sudah memberi beberapa tutorial bagaimana cara melakukan pencarian relatif dan membuat tabel karakter. Tapi jika kalian masih bingung, kalian bisa memakai tabel karakter (yang belum sempurna) di bawah ini.

Download
Disgaea Tools (github)
Tabel karakter Disgaea (MediaFire)


Tutorial Menerjemahkan Disgaea Versi Steam Tutorial Menerjemahkan Disgaea Versi Steam Reviewed by Pi-Man on 25.3.22 Rating: 5

2 komentar

  1. Bang disgae psp bakal dirilis bulan ini kah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang dikerjakan versi PS2, bukan PSP.
      Versi PSP dikompresi, belum ketemu cara ekstrak scriptnya.
      Versi PS2 dan NDS gak dikompresi.
      Versi PC dikompresi tapi ada tool buat ekstrak scriptnya.

      Hapus

Post AD