Tutorial Menerjemahkan Game Final Fantasy IX Versi Steam


 

      Saat artikel ini ditulis, aku masih mengerjakan translasi untuk FFIX versi PS secara manual. Sempat ada permintaan untuk menerjemahkan versi PC/Steam juga, yang mungkin sulit dipenuhi karena faktor waktu. Namun setidaknya aku akan mencoba menjelaskan cara untuk menerjemahkan game untuk versi Steam. Mungkin ada yang bisa menggantikan melakukannya.

     Teks-teks di game FFIX versi Steam berada di file resources.assets, yang berada di folder FF9_Data (di folder x64 untuk versi Windows 64 bit dan di folder x86 untuk versi Windows 32 bit). Untuk versi Steam, yang dibuat dengan Unity, kita tidak bisa mengedit file secara langsung. Kita memerlukan tool seperti Unity Assets Viewer (aku menggunakan versi dari tool bernama HadesWorkshop).

     Pertama, buka aplikasi Unity Assets Viewer. Klik File->Open, dan pilih lokasi dimana launcher untuk FFIX berada. Lalu klik Archive->Shared Assets dan pilih resources. Kita akan diberi daftar panjang dari file yang ada.

     Klik tab 'File Name' untuk mengurutkan file-file tersebut. Dan sorot semua file embeddedasset/text/us/*, dengan asumsi kita akan menerjemahkan semua dialog dari script versi US.


     Klik kanan dan pilih Export Selection, biarkan tool mengeksport semua file itu. File-file tersebut akan disimpan di beberapa folder seperti ability, battle, field, dsb. File-file di folder battle berisi script untuk pertempuran, termasuk pesan selama pertempuran, file-file di folder field berisi dialog di berbagai lokasi dan event, dst. Folder hasil ekstraksi ada di folder yang sama dengan dimana game diinstal.

     File-file berekstensi .mes tersebut bisa dibuka dengan text editor seperti notepad, ataupun dengan hex editor seperti wxMEdit (lebih disarankan yang terakhir, karena lebih nyaman).


     Setelah selesai mengedit, simpan hasilnya. Kembali ke Unity Assets Viewer, klik kanan pada nama file yang telah kita edit tadi, dan kali ini pilih Import Selection, tunggu hingga selesai. Lalu kalian bisa menguji hasilnya.

     Salah satu masalah yang ada adalah mencari file mana yang harus diedit. Untuk script dialog di berbagai lokasi dan event sudah diberi deskripsi, tapi untuk battle/pertempuran, kita harus mencarinya sendiri satu persatu. Misal, untuk pertempuran pertama melawan Baku sebagai "Masked Man', script ada di file 336.mes. 

     HadesWorkshop sendiri katanya juga bisa digunakan untuk mengedit game FFIX versi PS. Tapi aku belum mencobanya, dan masih memilih cara manual, semata agar tidak mengubah struktur ISO. (Tanpa mengubah struktur, secara teoritis, ISO akan bisa diburn ke CD dan dimainkan di konsol PS. Meski aku belum mencobanya karena optik PS One sudah mati).

Tutorial Menerjemahkan Game Final Fantasy IX Versi Steam Tutorial Menerjemahkan Game Final Fantasy IX Versi Steam Reviewed by Pi-Man on 30.3.21 Rating: 5

10 komentar

  1. Semangat keluarge, saye respect.

    BalasHapus
  2. Semangat keluarge, saye respect.

    BalasHapus
  3. bang ada aplikasi andoid buat pact bahasa gamenya apa gak ada

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk game PC, patchnya pakai PC juga.
      Kalau game macam PS yang dijalankan di emu android, bisa pakai Uni Patcher.

      Hapus
  4. Ada link download romnya gk?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Beli via Steam saja.
      Untuk versi bajakan, mesti cari sendiri.

      Hapus
  5. ini buat gane bajakannya bisa pke kan ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gak beda antara asli atau bajakan, filenya sama.

      Hapus

Post AD