Pencarian Relatif dan Pembuatan Tabel Karakter untuk Translasi Game



     Tidak semua game menggunakan karakter ASCII. Faktanya, banyak game yang memiliki tabel karakter sendiri, sehingga teks takkan muncul saat dibuka dengan Hex Editor. Di saat inilah pencarian relatif diperlukan.

     Meski hex editor seperti WindHex juga memiliki fitur pencarian relatif, namun akan lebih mudah melakukan pencarian dengan aplikasi bernama Monkey-Moore

     Dalam tutorial ini, yang digunakan adalah game Balloon Fight. Kita mulai dari layar judul.



     Kita gunakan kata PLAYER sebagai kata kunci pencarian. Jalankan aplikasi Monkey-Moore, buka rom Balloon Fight dan masukkan kata PLAYER di kolom pencarian. 



     Kita dapati hasil A=0A, ini artinya Nilai 0A=A, 0B=B, 0C=C, 0D=D, 0E=E, 0F=F, 10=G, 11=H, dan seterusnya

     Kini jalankan aplikasi WindHex dan buka rom Balloon Fight.  Klik Tools->Table Maker, dan masukkan nilai 0A=A, 0B=B, 0C=C dan seterusnya tadi. Lalu simpan, misal dengan nama balon.tbl. Iyakan saja saat ditanya apa ingin mengganti tabel dengan tabel baru tadi.

     Masih di WindHex, klik Search -> Text Search, dan masukkan PLAYER sebagai kata kunci pencarian. Lalu kita bandingkan dengan layar judul tadi.


     Kita lihat dua nilai hex di depan kata player adalah 01 dan 25, sementara yang ada di layar judul, 2 karakter di depan kata PLAYER adalah 1 dan -. Ini artinya 01 adalah nilai Hex untuk 1 dan 25 adalah nilai hex untuk -. Juga antara kata PLAYER dan GAME terdapat spasi, yang di hex editor diwakili nilai hex 24. Klik Tools->Table Editor dan masukkan nilai 01=1, 02=2, 03=3 dan seterusnya. Masukkan juga nilai 00=0. Juga 24=' ' (spasi, tanpa tanda '') dan 25=-. Maka tampilan di WindHex kan jadi seperti ini:



     Waktunya mengedit teksnya. Ganti kata-kata '1-PLAYER GAME' dengan 'GAME 1-PEMAIN' dan kata-kata '2-PLAYER GAME' jadi 'GAME 2-PEMAIN'. Juga kata 'BALLOON  TRIP' dengan 'WISATA  BALON'. Lalu simpan hasilnya.

     Coba jalankan kembali rom yang sudah diedit dengan emulator dan lihat hasilnya.



     Kalian juga bisa mencari kata lain yang belum diterjemahkan, seperti mengganti kata PHASE menjadi TAHAP dan GAME  OVER menjadi GAME  USAI.
Pencarian Relatif dan Pembuatan Tabel Karakter untuk Translasi Game Pencarian Relatif dan Pembuatan Tabel Karakter untuk Translasi Game Reviewed by Pi-Man on 30.12.20 Rating: 5

6 komentar

  1. Ini apk monkey Moore bisa di buka lewat hp kah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gak bisa.
      Dan belum nemu alternatifnya untuk HP android.

      Hapus
  2. Bang saya mau tanya. Saya lagi mau mengerjakan translate ffx ps2. Jadi misal kita udh ubah nih text nya di winhex trus cara rubah atau save file hasil translate tadi ke unipatch/delta patch cara nya gmna bang. Saya masih gagal terus.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pakai Delta Patcher.
      Tool ini punya 2 fungsi, untuk menerapkan patch, atau membuat patch (Ada iconnya di sisi bawah, dengan simbol panah kiri-kanan, untuk beralih di antara keduanya). Nanti diminta file ori (iso yang belum dipatch), file yang sudah diubah (hasil translasi), dan nama serta lokasi patch.

      Hapus
    2. Bang misal nih ya mau translate kata back. Setelah kata back ada nilai gnti garis. Back diTL jadi kembali. Nah itu kan jmlh katanya lbh banyak. Itu solusi nya gmna mas..

      Hapus
    3. Tergantung. Jika cuma ganti baris, biasa tanda ganti baris bisa digeser. Kecuali setelah itu ada tanda akhir dialog.

      Hapus

Post AD