Patch Translasi Kowai Shashin (PS1)


     Menyambut Hallowen, aku memutuskan menerjemahkan game horor lagi. Dan satu game yang dipilih adalah Kowai Shashin: Shinrei Shashin Kitan (secara harafiah berarti Foto Menyeramkan: Kisah Foto Hantu). Game ini berkisah tentang Hiori, gadis yang memiliki kemampuan mengusir roh lewat foto.

     Game ini sering dijuluki sebagai game terkutuk. Ini karena ada urban legend, jika ada salah satu sosok pembuat game yang meninggal selama proses pembuatannya - rumor yang sebenarnya tidak benar. Begitupun bahwa foto di dalam game menggunakan foto hantu asli, yang juga tidak benar.

     Di luar urban legendnya, yang tak sepopuler urban legend tentang game Fatal Frame, game ini sejujurnya juga tidak terlalu bagus. Cara bermainnya lumayan unik, pemain harus menemukan lokasi hantu di foto, kemudian melawan hantu tersebut. Untuk menyegel hantunya, pemain harus menekan tombol sesuai posisi serangan si hantu, lalu menekan serangkaian tombol yang muncul di layar dalam waktu terbatas. Dan itu sama sekali tak mudah.

     Patch translasi ini dibuat berdasarkan versi patch Inggris yang dibuat oleh translator dengan nick SnowyAria. Untuk menerjemahkan game ke bahasa Indonesia, kalian harus memakai ISO yang sudah dipatch. 

     Ada 3 versi ISO yang sudah dipatch yang beredar, yakni "Original", "Random Edition", dan Visual Novel Edition. Aku cuma membuat patch untuk versi "Original" dan "Visual Novel Edition". Untuk ISO versi "Original", gunakan patch "Kowai_ori", dan untuk ISO versi "Visual Novel Edition", gunakan patch "Kowai_vn".

     Seperti biasa, gunakan Delta Patcher (PC) atau UniPatcher (android) untuk menerapkan patch ke ISOnya. 

Download
Patch Translasi (MediaFire)

Patch Translasi Kowai Shashin (PS1) Patch Translasi Kowai Shashin (PS1) Reviewed by Pi-Man on 23.10.23 Rating: 5

5 komentar

  1. Bang final Fantasy x udah selesai blom?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gak sempat lanjut, bakal terlalu banyak waktu kalau dikerjakan.
      Suikoden III dan Legend of Dragoon saja belum selesai.

      Hapus
    2. Tolong Dong bang Disc 3 dan 4 legend of dragon nya.. email saya genersaputra1@gmail.com. saya sudah follow Trakteer id.

      Kasih Notif saya nanti saya Trakteer lagi lolipop nya.

      Hapus
    3. RPG perlu waktu lama untuk pengerjaannya, karena dialognya ada amat banyak.
      Ini sudah sampai hutan kaum Wingly di disk 3, tapi semua dialog yang terkait langsung diterjemahkan meski belum waktunya.

      Hapus
  2. Boku no natsuyasumi ps1 bang

    BalasHapus

Post AD