Patch Translasi Final Fantasy Tactics (PS1)


     Seiring ulang tahun perilisan game Final Fantasy Tactics di Jepang (20 Juni 1997), aku juga membagikan patch translasi bahasa Indonesia untuk game ini.

     Final Fantasy Tactics bersetting di negara Ivalice. Beberapa waktu setelah berakhirnya Perang Lima Puluh Tahun, persaingan untuk merebut kekuasaan Ivalice membuat dua kubu, Duke Larg dan Duke Goltanna bertikai dan akhirnya berperang. Karena keduanya memakai lambang singa, perang saudara antara kedua pihak disebut juga Perang Singa. Di balik konflik, ada pihak-pihak yang memanipulasinya untuk kepentingan mereka sendiri. Ramza Beoulve, putra ketiga keluarga Beoulve, terjebak di tengah konflik dan berusaha untuk tetap berpegang teguh pada prinsipnya.

     Patch translasi ini menerjemahkan mayoritas, tapi tidak semua teks dalam game. Narasi dan dialog dalam game, begitu juga profile karakter dan deskripsi kisah sudah diterjemahkan. Bagian tertentu seperti deskripsi job atau item tidak diterjemahkan. Begitupun bagian tutorial.

     Kalian mungkin akan menemukan inkonsistensi tertentu karena patch ini mengubah nama tempat dan karakter ke versi War of the Lion, namun saat bertempur atau di menu nama masih memakai versi lama. Misal kalian akan menemukan nama Argath di dialog, namun namanya adalah Algus saat bertempur. Ini karena keterbatasan ruang memasukkan karakter, sehingga namanya tak bisa diganti. Untuk nama lokasi di World Map, aku duga formatnya berupa image (gambar), sehingga sulit diganti.

     Seperti biasa, gunakan Delta Patcher (PC) atau UniPatcher (Android) untuk menerapkan patch ke ISO FF Tactics versi USA. Patch tidak bisa diterapkan pada ISO yang sudah dimodifikasi.


Galeri

Download
Patch Translasi (MediaFire, Romhacking)

Patch Translasi Final Fantasy Tactics (PS1) Patch Translasi Final Fantasy Tactics (PS1) Reviewed by Pi-Man on 20.6.23 Rating: 5

20 komentar

  1. mantap bang, akhirnya yg gw tunggu2

    BalasHapus
  2. Request translate playboy dan 7 sins biar mengerti alur ceritanya

    BalasHapus
  3. kenapa gak TL yang versi psp aja Bang? atau versi android sekalian... yg FFT nya ada cut-scene nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. WotL sebagian event diganti FMV. Memberi sub pada FMV lalu dimasukkan lagi repot, tapi yang lebih penting, patchnya akan sangat besar. Bisa lebih dari 100 MB.

      Hapus
  4. Request fire emblem versi snes hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Game yang lumayan panjang belum bisa janji.

      Hapus
  5. Req game tactic lagi....
    Luminous Arc 3

    BalasHapus
    Balasan
    1. Game strategi yang terlalu panjang mungkin sulit saat ini, saat proyek game panjagn lain masih menumpuk.

      Hapus
    2. Semangat bang....
      Cuman kamu bang yang sering update terjemahan game jadi saya dukung terus....

      Hapus
  6. Ga ada versi android kah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gak punya versi android.
      Dan game versi android lebih ribet untuk diutak-atik.
      Versi PSP juga belum kelar.

      Hapus
  7. Kak FFT nya ini apa sudah full translasinya yg PSP? mau segera download hehehe ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Belum.
      Tadinya mau kasih sub ke FMVnya, tapi ternyata ada yang bikin game blackscreen begitu FMV kelar. Jadi belum diteruskan.

      Hapus
    2. okee kak semangatt terus translatenya. aku tungguin buat fft psp nya. Oiya kak ada FF advance Gameboy bagus jg hehe. nntik aku bantuin donasi deh biar semangatt teruss. thanks btw ^^

      Hapus

Post AD