Tutorial Menerjemahkan Game FFVIII (PC/Steam)



    Beberapa orang meminta aku menerjemahkan game FFVIII, namun request ini tidak bisa dipenuhi. Selain masalah waktu, FFVIII juga memiliki kompresi yang menyulitkan, apalagi untuk non-programmer sepertiku. 

     Bukan berarti tak ada cara untuk menerjemahkan game ini. Setidaknya untuk FFVIII versi PC/Steam, programmer dengan nick myst6re (yang juga membuat tool Makou Reactor untuk FFVII versi PC) membuat tool bernama Deling. Tool ini bisa digunakan untuk berbagai fungsi, diantaranya adalah untuk mengedit teks/dialog dalam game. Dengan kata lain, tool ini bisa dipakai untuk menerjemahkan game FFVIII. Cara penggunaannya juga relatif mudah, sehingga aku tak akan memberi penjelasan panjang lebar. 

     Setelah membuka tool ini, kalian harus membuka lokasi dimana file game berada, khususnya file bernama field.fs. Untuk versi Steam, file ini terletak di \Steam\steamapps\common\FINAL FANTASY VIII\Data\lang-en (kecuali kalian menginstal gamenya di lokasi lain). Field.fs adalah file dimana dialog-dialog dalam game berada.

     Di sebelah kiri adalah berbagai lokasi berbeda di game. Kalian tinggal memilih salah satunya, dan dialog di lokasi itu akan muncul di tab Texts. Kalian cukup mengedit teks yang ada, lalu menyimpan hasilnya dengan memilih File-Save atau mengklik ikon Save di kiri atas. Dan kalian bisa menjalankan game untuk menguji hasilnya.

     Sebenarnya tool ini juga bisa dipakai untuk FFVIII versi PS, namun dengan satu pengecualian: tidak bisa dipakai untuk mengedit dialog dalam game. Dan aku belum menguji tool ini lebih jauh, selain untuk mencoba menerjemahkan gamenya.

     Tool Deling bisa didownload di sini

Tutorial Menerjemahkan Game FFVIII (PC/Steam) Tutorial Menerjemahkan Game FFVIII (PC/Steam) Reviewed by Pi-Man on 10.5.22 Rating: 5

Tidak ada komentar

Post AD