15 Maret 2021

Tips Menjalankan Emulator ePSXe di Windows 64 bit.



      ePSXe adalah salah satu emulator trbaik bagi konsol Playstation 1. Emulator ini memiliki banyak plugin, dan dengan sendirinya juga berarti memiliki banyak kemungkinan pengaturan. Dan selain fitur standar seperti save-load state, versi-versi terbarunya juga sudah mendukung berbagai fitur seperti cheat internal, bahkan mendownload database untuk cheatnya.

     Tapi bagaimanapun, sejatinya ePSXe adalah aplikasi 32 bit. Jika menjalankannya di windows 64 bit, meski kalian sudah mengatur kompatibilitas ke windows sebelumnya, saat mencoba menjalankan game dengan ePSXe, ada kalanya kalian akan mendapai emulator menutup sendiri disertai pesan error.

     Cara mengatasinya sebenarnya cukup sederhana. Kalian cukup mengklik menu Options->CPU overclocking, dan beri tanda centeng pada tanda 1x. Coba jalankan lagi gamenya, kali ini mestinya emulator takkan menutup sendiri.

     Juga, jika kalian tak bisa melakukan save state atau load state (atau data menghilang setiap kali emulator ditutup), atau kalian tak bisa mendownload cheat, atau cheat tidak muncul meski kalian sudah memasukkan filenya di folder cheats, kalian bisa coba masuk ke registry, dan hapus nilai terkait ePSXe di sana (di Windows 8.1 64 bit yang kugunakan, letaknya di HKEY_CURRENT_USER>Software>epsxe). 

     Jalankan lagi ePSXe, emulator ini akan membuat registry baru untuk menghantikan config yang kita hapus tadi. Kali ini mestinya baik save-load state maupun cheats akan bisa diakses tanpa masalah.

*Berdasarkan pengalaman pribadi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar