6 Januari 2021

Tutorial Menerjemahkan game Suikoden I (Update)



*Catatan: Tutorial ini untuk Suikoden I, namun caranya tak jauh berbeda dengan Suikoden II. Dan banyak game lain, tak cuma PS1, yang bisa diterjemahkan dengan cara yang sama.

     Aplikasi yang diperlukan:
-Monkey-Moore : Untuk pencarian relatif
-WindHex : Hex Editor
-ePSXe : Emulator PS

     Pertama, buka emulator ePSXe dan jalankan game Suikoden. Jalankan sampai ada dialog. Alternatifnya, kalian bisa mencari video long-play di YouTube. Di sini kata yang dipilih adalah "nervous".


     Jalankan aplikasi Monkey-Moore. Buka ISO game Suikoden, dan masukkan kata "nervous" (tanpa tanda petik) di kolom pencarian. Kita dapati hasil a=11, ini yang akan kita gunakan untuk membuat tabel karakter (abaikan nilai A=F1).
*Nilai Offset yang ditunjukkan di kiri adalah alamat/address dari kata tersebut, tapi kita belum memakainya di tutorial ini.


     Jalankan program WindHex, klik Tools->Table Maker untuk mengakses Table Editor internal WindHex. Masukkan nilai 11=a, 12=b, 13=c, 14=d, 15=e, dan seterusnya hingga 2a=z. Lalu klik File->Save Table File untuk simpan hasilnya, beri nama misal Suikoden.tbl. Saat diminta untuk mengganti tabel saat ini dengan tabel yang baru dibuat, iyakan saja. Atau bisa juga abaikan, kalian bisa saja membukanya nanti.

*Kalian juga bisa menggunakan aplikasi macam Tabular untuk membuat tabel karakter.


     Kini buka file ISO Suikoden dengan WindHex. Jika belum mengganti tabel dengan tabel yang kita buat, atau kalian membuat tabelnya dengan Tabular atau aplikasi lain, klik File->Open Table File->Table #1, dan pilih tabel yang baru kita buat tadi (Suikoden.tbl). Klik Search->Text Search dan gunakan kata kunci "nervous" tadi di kolom pencarian. 

     Kalian akan dapati sebagian kata muncul di WindHex, namun belum semua. Kita akan membandingkan text di game (yang kita lihat via emulator tadi) dengan text di WindHex untuk melengkapi bagian yang kurang dari tabel. Misal di game ada kata "Are you nervous?" dan di WindHex tampilannya adalah ".re.you.nervous." 

     Kita lihat di WindHex nilai hex di depan 're' adalah 2B, dan itu mewakili huruf A. Jadi klik Tools->Table Editor, dan masukkan nilai 2B=A, 2C=B, 2D=C, 2E=D, dan seterusnya hingga 44=Z. Simpan hasilnya, dan kita dapati di WindHex kini huruf besar sudah ditampilkan. Berikutnya spasi, kita lihat antara kata Are dengan you dan antara you dengan nervous yang mestinya ada spasi, diwakili nilai hex 10, jadi buka kembali Table Editor dan masukkan nilai 10= (spasi, ketuk spasi di keyboard). 


     Ulangi langkah yang sama untuk tanda baca. Misal tanda baca [?], yang diwakili nilai hex 58. Tanda petik ['] diwakili nilai hex 53, tanda [,] diwakili nilai hex 55, tanda titik diwakili nilai hex 56, dsb. Bandingkan tampilan di game dan di WindHex untuk menemukan nilai tersebut. Setelah disimpan, tampilan teks di WindHex akan semakin mendekati tampilan di game. Nama Tir sendiri adalah variabel yang kita masukkan di awal game, dan berapa nilai hexnya? Mungkin ada yang tahu, tapi jawabannya adalah 0600. Buka Table Editor dan masukkan nilai 0600=<Tir>.

     Sebagai tambahan, kita bisa melihat bahwa akhir baris dialog selalui diakhiri dengan nilai hex 01, jadi kita bisa masukkan juga di tabel untuk mempermudah. Misal kita bisa memasukkan nilai 01=\, dan kita akan temukan simbol [\] muncul di akhir baris. Ini akan mempermudah saat kita harus memanipulasi panjang baris, selama tak melewati batas maksimal karakter per baris.


     Waktunya mengedit teks di WindHex. Ubah teks dialog yang kau temukan. Saat menjalankan WindHex, ingat untuk menekan TAB di keyboard untuk mengubah kursor dari sisi kiri (mengedit nilai hex) ke sisi kanan (mengedit teks).



Selesai mengedit teks, simpan hasilnya, lalu uji hasilnya dengan menjalankan lewat emulator.

     Berikut ini adalah versi video dari tutorial ini. Versi video adalah tutorial versi lama, jadi ada perbedaan dengan tutorial kali ini, tapi garis besarnya masih sama.

Tambahan:
     Jika kalian merasa mengedit ISO secara langsung terlalu merepotkan, kalian bisa mengekstraknya lebih dulu dengan CDmage. File-file dialog untuk game Suikoden tersebar di banyak file di berbagai folder, yang memiliki ekstensi .BIN, misal VA1.BIN, VA2.BIN dan sebagainya. Tapi aku belum mencek file-file mana saja yang berisi dialog.

     Dan catatan terakhir, Suikoden I (dan Suikoden II) memiliki banyak pengulangan script. Jadi jika kalian sudah menerjemahkan dialog tertentu tapi teks tak berubah, ada kemungkinan script yang digunakan berada di alamat/address yang lain. Jadi temukan script itu dan terjemahkan. Pengulangan bisa terjadi 3-8 kali, masih lumayan dibanding Parasite Eve dimana script yang sama bisa berulang lebih 30 kali.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar