Tutorial Menerjemahkan Game-Game Fatal Frame



     Sejauh ini, aku sudah menerjemahkan 3 game Fatal Frame, yakni Fatal Frame, Fatal Frame II dan Fatal Frame III (undub). Mungkin masih ada bagian yang kurang pas, dan mungkin kalian ingin membuat terjemahan yang lebih baik. Untuk kali ini, aku akan membagikan cara yang aku pergunakan. Karena aku bukan programmer, caranya memang agak "kasar".

     Dalam contoh berikut, yang digunakan adalah ISO Fatal Frame II versi undub. Ini adalah proyek translasi yang mungkin akan kukerjakan, setelah versi normal sudah kukerjakan sebelumnya. Beberapa bagian dari tutorial mungkin terkesan terlalu cepat, karena aku melewatkan bagian yang sudah pernah dibahas di tutorial sebelumnya. Maaf soal itu.

     Pertama, seperti biasa kita melakukan pencarian relatif untuk menyusun tabel. Untuk itu gunakan aplikasi Monkey-Moore. Masukkan lokasi ISO game di bagian paling atas, dan di bawahnya masukkan kata kunci pencarian, alias kata yang ada dalam game. Dalam contoh, kita menggunakan kata "please". 

     Dari sini kita temukan bahwa nilai 1B=a, artinya 1C=b, 1D=c, dst. Abaikan nilai FB=a. Masukkan nilai ini ke tabel, bisa menggunakan aplikasi seperti Tabular, atau langsung menggunakan fungsi Table Maker dari hex editor WindHex.

     ISO game-game Fatal Frame berukuran besar, jadi kita akan membaginya jadi beberapa bagian. Ada berbagai tool untuk membagi file, seperti Gsplit, File Splitter, atau tool Splitter dari hex editor ImHex. Secara pribadi, File Splitter lebih dianjurkan, selain karena mudah digunakan, juga tidak memberi pesan error saat disatukan lagi. Berbeda dengan Gsplit, yang akan memberi pesan error jika kita mengedit file (meski sejatinya file yang disatukan tetap bekerja baik).

     Masukkan lokasi file ISO yang akan dipotong, dan lokasi dimana hasilnya disimpan. Masukkan juga ukuran yang dikehendaki. Pilih saja ukuran CD (700 MB).


Hasil pemotongan akan menghasilkan sekitar 3-5 file, bergantung ukuran ISO. Di ISO Fatal Frame II (Undub) yang dipakai di contoh, akan menghasilkan 5 potong file.

     Berikutnya mencari di potongan mana script game disimpan. Kita bisa mencoba satu-persatu potongan, dan mengulang pencarian relatif dengan Monkey-Moore seperti sebelumnya, untuk menemukan potongan yang berisi dialog. FYI, untuk Fatal Frame II script dialog akan berada di potongan ke-4, sedang untuk Fatal Frame III akan berada di potongan pertama. Untuk Fatal Frame pertama, aku kurang ingat.

     Buka potongan yang berisi script tadi dengan WIndHex. Sesuai contoh, karena yang diedit adalah Fatal Frame II, yang dibuka adalah potongan ke-4 alias yang berakhiran .chunk004. Masukkan juga tabel yang dibuat tadi, atau buat sekarang jika kalian belum membuatnya. Masukkan kata "please" di menu pencarian (Text Search). 
Lengkapi tabel satu-persatu dengan membandingkan teks di hex editor dengan kalimat sebenarnya. Misal nilai hex 5A (yang ditandai dengan lingkaran merah) adalah spasi, nilai 58 (ditandai dengan lingkaran hijau) adalah tanda petik ('), dan nilai 04 (ditandai dengan lingkaran biru) adalah D. Karena nilai hex 04=D, berarti nilai 01=A, 02=B, 03=C, dan seterusnya. Masukkan semua itu di tabel karakter.
Lakukan hal yang sama untuk menemukan nilai lain untuk melengkapi tabel. Misal, nilai hex 59 adalah tanda titik (.), dan nilai 4F adalah tanda koma (,). FE adalah nilai untuk ganti baris, dan FF adalah tanda akhir dialog. 

     Temukan semua teks/dialog yang ada dan terjemahkan. Setelah selesai, kalian bisa menggunakan File Splitter untuk menyatukan kembali semua potongan menjadi file utuh. Kalian cukup membuka salah satu potongan dan lokasi menyimpan hasilnya (kalian bisa memilih file ISO sebagai hasil, dan file ISO itu akan ditimpa).

Note:
Tabel karakter untuk ketiga game Fatal Frame tidak terlalu berbeda. Perbedaan ada misal pada nilai untuk tanda spasi, yang berbeda dari seri ke seri.
Tutorial Menerjemahkan Game-Game Fatal Frame Tutorial Menerjemahkan Game-Game Fatal Frame Reviewed by Pi-Man on 22.11.22 Rating: 5

3 komentar

  1. line break sama section break (akhir dialog) diisi apa di Table Data?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Linebreak di Fatal Frame nilainya Fe, bisa dikasih nilai FE=\ untuk mempermudah menggesernya.

      Akhir dialog nilainya FAFF di Fatal Frame dan FF di Fatal Frame II, kalau gak salah ingat. Bisa dikasih simbol | atau || di tabel. Dan bagian ini jangan digeser, atau dialog akan kacau, atau malah hang. Cukup sebagai penanda saja.

      Hapus

Post AD