Tutorial: Menyangkut Tabel Karakter Game


     Tidak semua game konsol memakai karakter ASCII. Dan mungkin lebih banyak yang tidak memakai karakter ASCII. Ini yang membuat teks dalam game seringkali tidak muncul saat dibuka dengan hex editor. Karena itu kita memerlukan tabel karakter, agar teks tersebut bisa muncul.

     Tabel karakter sendiri bisa dibilang semacam kamus untuk karakter (huruf, angka, simbol dan sebagainya) sebagai pengganti tabel ASCII. Dimana tabel ini akan menerjemahkan nilai hex tertentu sebagai huruf, angka, simbol, atau kombinasinya. Tabel karakter bisa dibuat dengan berbagai tool, macam Tabular, Oriton, dan semacamnya. Bisa juga memakai fitur dari Hex Editor WindHex, dengan memilih Tools -> Table Maker.

     Untuk menyusun tabel karkater sendiri biasanya kita perlu melakukan pencarian relatif. Tool terbaik untuk pencarian relatif adalah Monkey-Moore. Secara umum, kita tinggal memasukkan lokasi ROM/ISO/file, lalu memasukkan kata kunci pencarian, lalu menekan icon pencarian dan biarkan tool menemukan nilai untuk menyusun tabel.

     Tapi jangan panik jika pencarian tak membuahkan hasil. Meski ada kemungkinan scriptnya terkompresi, masih ada kemungkinan tabelnya yang disusun secara berbeda. Berikut ini adalah beberapa kemungkinannya.

     Ini salah satu bentuk pencarian yang paling umum. Pencarian akan langsung memberikan hasil, meski seringkali kita hanya bisa memakai nilai untuk huruf kecil, sedang nilai hex untuk huruf besar, spasi, tanda baca dan sebagainya harus dilengkapi kemudian. Banyak game yang memiliki tabel karakter macam ini.

     Ini adalah tipe tabel karakter lain. Alih-alih dua digit hex seperti di atas, tiap karakter memakai 4 digit. Dalam contoh di atas (Azure Dreams) misalnya, nilai hex untuk huruf a bukanlah 81, melainkan 8281. Begitupun b adalah 8282, c adalah 8283, dan seterusnya. Banyak dari game GBA, juga sebagian game SNES, PS1 atau PS2 yang memakai tabel macam ini.

     Dan ini yang memusingkan. Alih-alih memakai 2 atau 4 digit, tabel yang ini memakai 8 digit. Dan bisa dibilang hampir semua hex editor tak mendukung tabel karakter macam ini. Untuk game seperti Crisis Core di atas, lebih baik memakai tool macam Kruptar 7, yang mendukung tabel dengan nilai hex 8 digit .

     Ada juga game yang memakai kompresi tertentu, dimana nilai hex tidak mewakili satu huruf, melainkan kombinasi beberapa huruf yang sering dipakai, misal th, ing, dan semacam itu. Game yang memakai kompresi macam ini diantaranya Chrono Trigger, atau Final Fantasy V versi PS1. Selain membuat tabel karakter biasa, kita juga harus membuat nilai untuk kombinasi huruf tadi.

     Di lain kesempatan, aku akan membuat tutorial lain cara menyusun tabel karakter.
Tutorial: Menyangkut Tabel Karakter Game Tutorial: Menyangkut Tabel Karakter Game Reviewed by Pi-Man on 13.3.23 Rating: 5

Tidak ada komentar

Post AD